Tips menahan nafsu pada diri remaja

23.24

Assalamu’alaikum sobat natiq yang lagi berbahagia(Amiiin J), kali ini kita akan sedikit mengulas tentang apa saja sih cara-cara menahan nafsu pada diri remaja. Yukkk kita ulas bareng-bareng. *cussss :D
1.      PDKT, sebelumnya jangan salah paham dulu ya sob, tentang makna PDKT yang satu ini, karena yang saya maksud PDKT kali ini adalah pendekatan dengan TUHAN kita, yaitu ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA.Pendekatannya lebih mudah dari pada pendekatan dengan manusia, naaaah gimana siiih caranya PDKT sama ALLAH  SUBHANAHUWATA’ALA ? Ini nih tips-tips dari saya.

A.      Yang pertama, jatuhkan cintamu pada cinta yang tidak merugikan kamu. Maksudnya rugi disini, bukan masalah fisik ataupun materi tapi rugi pendapatan. ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA itu gak akan merugikan kamu, bahkan DIA akan sangat menguntungkan kamu, kalau kamuberjalan  mendekat terhadap ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA,maka ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA akan berlari mendekati kamu, merangkulmu, lalu mengajakmu kejalan yang benar. Jadi jangan takut untuk jatuh cinta kepadaNYA.

B.      Sebelum melanjutkan yang kedua, kita nyanyi dulu yuk J ini lagunya Duomaya, simak liriknya berikut ini...
aku mau makan ku ingat kamu,. aku mau tidur juga ku ingat kamu, aku sedangsedihku ingat kamu, oh cinta... inikah bilaku jatuh ku jatuh cinta...  “, coba kamu nyanyiin lagu itu skali lagi tapi kata “kamu” di ganti dengan kata “TUHAN”, wiiiih pasti bagus banget tuh.  Jangan nyerah untuk terus berusaha untuk slalu ingat ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA.

C.      Sebutlah namaNYA dalam setiap do’a mu, sanjunglah ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA, rayu ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA dengan kata-kata tulusmu, dimanapun kamu berada, dimanapun kamu bisa menyebutkan namaNYA. Gak usah keras-keras, yang penting ikhlas. Anggap aja kalau ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA itu pacar kamu. Pasti bakal tenang deh. J

2.      MOVE ON. Pasti pada udah tau kan apa arti move on, kan anak jaman sekarang trend nya pada galau, wakawaka :D tapi kalo yang ini beda sama kamu sobat, yang ini bukan move on dari masa lalu, tapi dari nafsu. Ayo deh buruan move on dari nafsu yang bisa buat kamu rugi, nafsu itu mudah datang dan sebenarnya mudah juga untuk pergi, tergantung bagaimana kamu mengatasi.Dan perlu kalian ketahui, dialam Al-Qur’an pun sudah jelas diterangkan bahwa nafsu itu pasti mengajak kita  menuju keburukan.Contohnya gini nih, ada cowok/cewek lewat didepan kamu, udah cakep, pinter, idola kamu banget dah. Jangan malah diplototin sampek bola matamu keluar, tapi dibayangin aja kaya kereta mini lewat,“ciiiiiuutt ciiiiuuuutt ciiiiuuut ciiiuuut, toet toet toet toet” jadi anggep aja iklan lewat. Cuekin ajadeh, inget !! ITU NAFSU. Langsung aja alihin pikiran kamu ke sesuatu yang menurut kamu ampuh buat nglupain nafsu kamu tadi.

3.RELA. Rela untuk seseorang yang kamu suka itu mungkin gampang banget buat kamu. Tapi, coba deh sob, kita belajar ikhlas ngapain aja yang penting positif buat kamu hanya karena ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA. Tapi yang baik-baik lo yaa. Dan gak mungkin juga perintah ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA itu merugikan kita dan menjerumuskan kita kelembahkeburukan. Contohnya, puasa sunnah, sholat sunnah, dan amalan-amalan sunnah lainnya. Bukankah itu semua membuat kita sehat dan dapat pahala ? Oh iya, ALWAYS POSITIF THINKIG ABOUT ALLAH SUBHANHUWATA’ALA yes.... karena ALLAH itu seperti apa yang kamu fikir. Jadi kalo kamunya mikir buruk tentangNYA, sebenarnya ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA akan buruk juga ke kamu, begitu juga sebaliknya.

4. SETIA. Setia itu mudah, asalkan kita rela menerima resiko yang ada.Saya ingetin sekali lagi ya, ini kita membahas tentang antara kita, nafsu, dan ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA, jadi setia yang dimaksud adalah setiakepada ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA bukan buat pacar kamu atau gebetan kamu lo -_- kita coba yuk untuk setia ngejaga hati dan pikiran kita dari sesuatu yang sekiranya membuat kita hanyut dan terlalu larut ke dalam hal yang menyesatkan. Jangan mikirin pacar atau gebetan muluuu,trus  waktu buat mikirin ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA nya kapan?  Sama halnya dengan kita, ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA itu juga bakal cemburu kalo kita dua’in. Ayo kita berusaha untuk gak ngecewa’in ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA, biar ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA gak marah sama kita. Masalahnya ini pertaruhannya ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA, repot kan kalo ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA sampek marah sama kita. Hiiiii ngeri ah. Pagerin tuh hati dan pikirn kamu!! Kalo perlu dikasih undang-undang juga biar gak sembarangan aja mereka masuk hati dan pikiran kamu. Enak aja, gak memenuhi undang-undang tapi keliyaran kemana-kemana. Usir ajadeh usir. hehehe

5. SADAR atau berusaha BIJAK. Berfikir 1000 kali sebelum bertindak dengan memikirkan resiko negativ yang akan ditanggung. Jadi, harus mikir sampek jauh dulu apa aja resiko yang bakal kita trima kalo kita berani melakukan nafsu yang sebenernya cuma iklan dari iman kita.Cuma membuat hati kita terjerumus kelembah hina. Inget ya sob, nafsu itu Cuma iklan(gue gede’in nih). IKLAN.Perlu di inget juga sob, bahwa nafsu itu perbuatan setan, tapi kebanyakan dari kita ga pernah sadar (Astagfirullah). Emang sobat-sobat mau jadi temennya setan ?jangan sampe deh. Kalau setan itu berhasil ngrayu kita, kita juga lo sob yang bakal rugi. Kita bakalan dibakar, di injek-inejk, di jadiin babu sam asetan. Iihhh ogah banget kan ? Makadari itu sob, kitabanyak-banyakinberdzikirkepada Allah agar kitaterhindar darirayuansetan-setanitu.

6. MENAHAN NAFSU. Menahan nafsu itu gampang gampang susah. hahaha iya kan? Pastinyalah. Ini contoh anak ABG sekarang, Gak ada kabar dari si dia seharian aja,udah kebingungan. Apalagi kalo seharian gak liat si dia. Pasti facebooknya udah penuh dengan update satus #KangenKamuL . Ceileeh segitunya :D.Lanjut ke topik ! menahan nafsu yang datangnya gak di undang itu, sebenarnya mudah kok sob, tergantung usaha kita. Jika kita sudah berusaha namun masih terjerat dengan nafsu, jangan menyalahkan Allah ,tapi intropeksi dulu diri kita sendiri, mungkin aja usaha kita belum maksimal. Jadi sobat-sobat An-Natiq jangan mudah menyerah dalam usaha memerangi nafsu. Pokoknya harus semanagat terus deh dalam menuju kebaikan.Ganbatte !

7. RILEX . Jangan tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.Lihatdulu, pekerjaan yang kita kerjakan, nyeleweng dari aturan agama atau tidak, itu perbuatan nafsu atau bukan.Mungkin banyak  banget hal-hal yang kita kerjakan hanya menuruti nafsu dari kita, contahnya kita bekerja terus menerus, tak mengenal siang malam, sampai meninggalkan sholat, kewajiban kita sebagai umat islam, hanya untuk mendapatkan upah yang banyak. Naah hal-hal seperti itu sobat yang bisa kita sebut dengan nafsu.Jadi sobat-sobat harus teliti dulu dalam pekerjaan, pekerjaan itu perbuatan nafsu atau bukan.

8.     MENGUJI. Menguji keseriusan kamu buat tau seberapa mampu kamu nahan nafsu, bisa dibilang harus mungkin malah wajib, sama halnya dengan sekolah, kemampuan itu juga harus diuji. Kalo kamu udah ngrasa mampu dalam hal melawan nafsu, UJI dulutuh kemampuanmu dalam melawan nafsu, lulus apa atau malah dapet paket C :D. Tapi kalo kamu belum lulus dan ngrasa belum mampu mendingan sekolahin aja dulu imannya, biar kamu kuat dengan berbagai cobaan. Aku percaya kok kalau kamu mampu. Insyaallah.. Amin.

9. INGAT!!!!! ALLAH itu slalu tau apa aja yang kita lakuin, apa aja yang kita sembunyiin dan apa aja yang ada di dalam hati kita. Manusia aja tau ilmu nya, apa lagi ALLAH Yang Maha Mengetahui Segalanya.

10. KONSISTEN!!!! Kamu jangan lupa dengan niat awal kamu, yaitu melawan hawa nafsu. Selalu berusaha menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi (y).Jangan pernah berhenti mencoba ya sob, berubahlah baik walaupun sedikit. ALLAH itu memahami kemampuan kita kok, kita semua itu sebenernya mampu, cuma tergantung bagaimana kuatnya niat kamu dan bagaimana kamu mempertahankannya. Masak sih Cuma gara-gara sesuatu yang nge-goda kamu beberapa kali doang, terus kamu rontok kin semua hasil dari usaha kamu selama ini??? Sayangbangetkan ?Inget nih,, semakin bertambahnya kekuatan iman kamu, maka cobaan kamu akan tambah kuat lagi. Karenasetan itu gak pernah nyerah cari temen buat di bawa ke neraka nanti sob. Tapi kalo kamu beranisih juga gapapa. Itu pilihan kamu. Setiap apa yang kamu pilih itu pasti ada resiko. Jadi harus siap apapun resikonya, harus tanggung jawab.


Naah, itubeberapa tips yang bisa kami sampaikan kepada sobat-sobat An-Natiq, semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan bisa mempraktekkannya dalamkehidupan sehari-hari. Selamat mencoba dan terus semangat yaaa ;;)

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔