Cara Menulis Sinopsis Film Cerita Pendek

21.09
Apakah anda sudah tahu devinisi sinopsis? Sudah sering mendengar kata sinopsis tapi belum memahami sepenuhnya apa itu sinopsis. Sebelum kami paparkan lebih detil bagaimana cara menulis sinopsis film Cerita yang menarik perhatian produser, ada baiknya kita kita seragamkan terlebih dahulu mengenai arti kata sinopsis.

Pengertian sinopsis secara umum dapat disebut sebagai  rangkuman cerita yang akan di filmkan. Namun dalam praktiknya sinopsis ini juga merupakan rangkuman cerita yang diambil dari novel, cerpen, atau karya sastera lainnya dalam proses pembuatan skenario film adaptasi. Menurut Misbahch Yusa Biran dalam bukunya “Teknik Menulis Skenario Film Cerita”, sinopsis merupakan pengembangan dasar cerita untuk skenario yang idenya merupakan hasil proses kreatif penulis dan merupakan rangkuman cerita yang untuk skenario adapatasi novel, cerpen, atau karya lainnya. Penting juga untuk kita ketahui, sinopsis yang dimaksud dalam pembahasan ini bukan ringkasan cerita yang ada di poster atau pamflet film, tapi merupakan bentuk ringkasan cerita yang digunakan oleh script writer untuk mengajukan karyanya kepada produser.
Bagaiamana cara membuat sinopsis film cerita? Untuk penulisan film cerita−film panjang, film pendek,  sebenarnya tidak berbeda jauh dengan penulisan skenario film dokumenter. Bedanya dalam penulisan film cerita dalam hal ini film  layar lebar, FTV, sinetron, atau film drama dan sejenisnya membutuhkan penulisan sinopsis dengan format standar seperti contoh sinopsis yang bisa anda download dalam website ini. Seadangkan untuk penulisan sinopsis dalam penulisan film dokumenter, biasanya sinopsis ini tersusun dalam bentuk propsal film dokumenter yang di dalamnya menyangkut; summary cerita, key informan (narasumber utama), maksud dan tujuan pembuata film dokumenter, target pemirsa, rencana pengambilan shot dan lainnya.

Elemen Penting Dalam Menulis Sinopsis Film Cerita

Untuk lebih mudahnya anda belajar menulis sinopsis point-poin yang menjadi acuan dalam penulisan sinopsis skenario setidaknya mengandung point-pont berikut ini:
  • Garis besar jalan cerita
  • Tokoh protagonis
  • Tokoh antagonis
  • Tokoh-tokoh pembatu yang langsung menunjang plot utama maupun subplot yang penting.
  • Problema utama, dan  beberapa problema penting yang mempengaruhi jalan cerita
  • Motif utama, dan motif-motif pembantu action yang penting.
  • Klimak dan penyelesaian.
  • Kesimpulan.
Untuk contoh sinopsis ada bisa klik link ini anda bisa mendowloadnya; tersedia contoh sinopsis film dokumenter, sinopsis film pendek dan berbagai sinopsis film terbaru yang bisa anda jadikan referensi atau bahan skenario pembelajaran anda dalam meningkatkan skill menulis. Silahkan klik link contoh sinopsis film Gie untuk referensi pembelajaran anda.

Menulis Sinopsis, langkah Awal Menembus Meja Produser

Sinopsis bisa dibilang cikal bakal sebuah skenario, atau modal utama yang penulis gunakan untuk mengajukan karya kepada produser yang anda di PH (Production House) maupun stasiun televisi. Produser tidak meminta skenario lengkap, namun hanya sinopsis cerita anda, dan jika produser sudah tertarik dengan ide anda maka ia akan menugaskan anda  atau penulis lain untuk menggarap skenarionya.
Untuk projek penulisan skenario sinetron biasanya seorang penulis membuat sinopsis global terlebih dahulu. Sinopsis global ini adalah sinopsis yang memuat inti cerita dan rencana cerita secara keseluruhan dari episode pertama hingga akhir episode akhir sebuah sinetron, walaupun faktanya jika sinetron tersebut memiliki rating yang cukup bagus, cerita akan dikembangkan terus bahkan melebar kemana-mana. Panjang sinopsis global ini umumnya terdiri dari 3 sampai 5 halaman. Setelah sinopsis global disetujui oleh produser, baru kemudian penulis membuat sinopsis pendek atau sinopsis per episode sebagai dasar penulisan naskah film untuk setiap episodenya.
Membuat sinopsis menjadi bagian penting dalam proses penulisan skenario, walaupun pada kenyataanya ada penulis yang membuat skenario tanpa menulis sinopsis terlebih dahulu, namun hal tersebut jangan ditiru, terlebih untuk pemula yang sedang belajar menulis skenario. Saran Master penulis skenario Misbach Yusa Biran, untuk menjadi menjadi penulis skenario profesional, anda harus disiplin mengkitu proses penulisan skenario langkah demi langkah, jangan melewatinya, buatlah skenario dari proses penulisan sinopsinya, membuat treatment yang kemudian dikembangkan menjadi bentuk skenario yang utuh.
Selamat Belajar cara menulis sinopsis yang menarik ya….

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔