Peluang Jadi Penulis Skenario

21.14
Berapa honor penulis skenario? Pertayaan ini mungkin terlintas bagi siapa saja yang ingin menggeluti atau ingin berkarir menjadi penulis skenario. Tidak bisa dipungkiri bahwa honor merupakan salah satu motivasi bagi seseorang yang ingin menggeluti bidang tertentu, termasuk karir di bidang penulisan skenario.  Terlebih film adalah produk industry kreatif yang di dalamnya melibatkan tenaga professional handal dan kapital atau modal yang besar. Bidang perfilman identik dengan industri padat modal dalam industry kreatif.

Tingkatan Honor Penulis Skenario

Berbicara honor atau gaji untuk penulis skenario, memang bemacam-macam tergantung dari jam terbang dan proyek skenario yang ditangani penulis. Pada tahun 2010 an menurut Jujur Prananto bahwa honor penulis skenario antara 10-100 juta untuk proyek film layar lebar. Besaran honor yang diterima penulis ini sangat fleksibel, tidak ada standart baku yang mengaturnya.
Penulisan skenario film layar lebar memakan waktu lebih lama dibanding dengan penulisan skenario untuk tayangan televisi. Rata-rata untuk naskah film layar lebar dengan durasi 90 menit hingga 2 jam dikerjakan dalam waktu tiga bulan hingga 1 tahun tergantung tingkat kesulitan naskah yang digarap, dan mengalami beberapa kali revisi, bahkan ada film terterntu yang revisi naskahnya hingga puluhan kali.
Untuk film televisi besarnya honor penulis skenario berkisar antara 2 hingga 6 juta, tergantung dimana naskah skenario itu tayang. Namun hal itu tidaklah mutlak, yang jelas gaji penulis skenario itu tergolong tinggi jika dibanding dengan profesi menulis lainnya. Untuk naskah seharga 3 hingga 6 juta tersebut biasanya bekisar 70 hingga 90 halaman dan dapat diselesaikan oleh penulis skenario dalam waktu 3 hari hingga satu minggu. Jika rata-rata penulis skenario bisa menyelesaiakan 5 judul naskah FTV dalam sebulannya maka bisa dihitung berapa penghasilan penulis skenario itu setiap bulannya. Belum lagi jika seorang penulis skenario mendapatkan proyek untuk sinetron striping pastinya penghasilannya akan jauh lebih besar.

Permintaan Naskah Skenario dan Honor Penulis

Bahkan trend dunia hiburan yang berkembang jauh lebih pesat, hingga meningkatnya kebutuhan naskah skenario, belakangan beberapa proyek sinetron maupun FTV memiliki manajemen penulis tersendiri diluar dari manajemen produksi inti.
Biasanya manajemen penulis skenario ini terdiri dari seorang head writer dan beberapa co writer. Dengan sistem ini produser tidak perlu repot-repot bekerjasama dengan beberapa penulis skenario sekaligus. Produser cukup memberikan mandat kepada satu orang yang dipercaya untuk mengurus naskahnya dengan nilai kontrak tertentu, kemudian orang tersebut membentuk tim penulis skenario untuk memproduksi naskah yang sudah dipesan oleh sutradara.
Honor penulis skenario yang tergabung dalam tim penulis ini juga bermacam-macam, tergantung kesepakatan dengan head writer dan kemampuannya dalam menghasilkan naskah skenario. Pastinya honor atau gaji penulis skenario jauh lebih tinggi dibanding dengan UMR.  Anda tertarik untuk berkarir menjadi penulis skenario?

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔